• Jakarta
Basket

Ini Lama Permainan Bola Basket dan Penjelasannya, Ternyata Ada 3 Versi

Sama seperti olahraga lainnya, basket punya sejumlah aturan yang harus dipatuhi pemain. Salah satu aturan yang wajib diperhatikan di lapangan adalah lama permainan bola basket.

Basket menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat diminati oleh masyarakat di seluruh dunia. Bisa dilihat, setiap pertandingan di olahraga basket akan ramai oleh penonton. Selain memiliki banyak penggemar, banyak juga atlet dunia yang lahir dari basket.

Kompetisi basket paling bergengsi di dunia berada di Amerika Serikat bernama NBA (National Basketball Association). Setiap pertandingannya selalu dinanti-nanti. Beberapa atlet tenar NBA bahkan menjadi legenda di dunia basket seperti misalnya Michael Jordan dan Shaquille O'Neal.

Bola basket sendiri adalah jenis cabang olahraga yang permainannya dibatasi waktu atau lama permainan. Detikers, ternyata lama permainan bola basket memiliki perbedaan terutama di AS.

Dilansir dari situs web resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), lama permainan bola basket ada 3 versi. Versi FIBA, NBA, dan satu lagi versi NCAA (National Collegiate Athletic Association) Amerika Serikat.

Lalu, bagaimana aturan lama permainan bola basket dan penjelasannya?

Lama permainan bola basket adalah 4x10 menit jika berpedoman pada aturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA). Sementara versi National Basketball Association (NBA) adalah 4x12 menit.

Sedangkan versi NCAA pertandingan dibagi atas dua babak. Setiap babaknya memiliki waktu selama 20 menit.

Jika terjadi skor yang sama hingga akhir pertandingan, maka harus diadakan perpanjangan waktu atau over time yang tidak terbatas sampai terjadi selisih skor. Baik versi FIBA, NBA, maupun NCAA punya waktu over time selama 5 menit.

Waktu istirahat versi FIBA selama 2 menit antara babak 1 dan 2 serta 3 dan 4. Selain itu ada waktu istirahat 15 menit antara babak 2 dan 3.

Untuk pertandingan internasional, umumnya aturan lama permainan bola basket yang dipakai adalah sesuai standar FIBA.

Sumber : Detik

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..