• Jakarta
Tenis

Menanti Medvedev Memburu Ranking Dua Dunia di Rotterdam

Lepas dari Australia Terbuka, sejumlah pemain ranking sepuluh besar dunia sudah berada di Rotterdam, Belanda, untuk ABN AMRO World Tennis Tournament 2021, pekan ini. Salah satunya adalah petenis ranking tiga dunia asal Rusia yang merupakan runner-up Australia Terbuka 2021, Daniil Medvedev.

Dengan selisih 115 angka dari Rafael Nadal yang berada di posisi kedua, Medvedev bisa menggeser petenis asal Spanyol tersebut andaikan meraih hasil maksimal di Rotterdam. Medvedev akan memulai turnamen menghadapi petenis asal Serbia, Dusan Lajovic, pada Rabu (3/3).

Laman ATP menyebut bahwa jika berhasil merebut posisi Nadal maka Medvedev akan menjadi petenis pertama yang duduk di posisi ranking dua dunia di luar The Big Four–Roger Federer, Nadal, Novak Djokovic, Andy Murray. Petenis di luar The Big Four terakhir yang meraih posisi tersebut adalah Lleyton Hewitt pada 18 Juli 2005.

Selain Medvedev, petenis ranking sepuluh besar dunia lain yang turun dalam turnamen dengan hadiah total 1,177 juta Euro tersebut adalah Stefanos Tsisipas (ranking enam), Alexander Zverev (ranking tujuh), dan Andrey Rublev (ranking delapan).

Nama besar lain yang akan turun di Rotterdam adalah juara edisi 2015, Stan Wawrinka. Petenis asal Swiss ranking 20 dunia tersebut akan menghadapi lawan asal Rusia juara Paris Masters 2018, Karen Kachanov.

Sementara itu, mantan petenis ranking satu dunia asal Skotlandia, Andy Murray, juga bakal tampil dengan jatah wild card. Murray berpotensi menghadapi Andrey Rublev di putaran kedua.

Adapun wakil Belgia ranking 14 dunia, David Goffin, turun di Rotterdam setelah menjuarai Sud De France Terbuka di Montpellier, Prancis, akhir pekan lalu. Goffin akan mencari gelar pertamanya sejak terakhir kali menang di Tokyo, Jepang, pada 2017.

Sayangnya, kejuaraan di Rotterdam tahun ini dihelat tanpa pemilik tiga rekor teratas grand slam, Federer, Djokovic, dan Nadal. Adapun Nadal yang sudah mendaftar untuk bertanding akhirnya menarik diri karena mengalami masalah pada punggungnya.

“Adalah kesedihan yang besar bahwa saya harus kembali dari Rotterdam. Sebagaimana sebagian besar penggemar tahu, saya mengalami beberapa masalah punggung di Australia yang dimulai di Adelaide dan berlanjut selama (Australia Terbuka) di Melbourne,” kata Nadal.

Sumber : Akurat

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..