• Jakarta
Tenis

Selangkah Lagi Pablo Carreno Busta Amankan Final Grand Slam Pertamanya

Petenis Spanyol, Pablo Carreno Busta tampil mengejutkan setelah berhasil mengamankan tiket semifinal Amerika Serikat Terbuka 2020 usai menundukkan petenis muda Kanada, Denis Shapovalov lewat pertarungan ketat lima set 3-6, 7-6, 7-6 0-6, 6-3 di Flushing Meadows, AS, Kamis (10/9).

Butuh waktu lebih dari empat jam bagi petenis berusia 29 tahun itu untuk melangkah ke babak semifinal AS Terbuka yang keduanya. Carreno Busta tampaknya akan mengalami kekalahan pertamanya di lapangan keras setelah Shapovalov mendapatkan bagel pada set keempat.

Namun, setelah mendapatkan perawatan untuk punggung bawahnya, semifinalis tahun 2017 itu tampil dengan penuh semangat untuk menutup set penentuan dalam pertandingan yang berlangsung lewat pukul satu pagi di New York.

“Saya hancur, tapi Anda tahu, saya sangat, sangat bahagia. Setelah pertarungan ini, pertempuran ini, sulit untuk dikatakan, tetapi luar biasa bisa kembali ke semifinal lagi,” kata Carreno Busta yang memenangkan tiga dari empat pertemuan sebelumnya dengan Shapovalov dikutip Reuters.

Petenis yang datang sebagai unggulan ke-20 itu tidak pernah kalah satu set pun dari Shapovalov dalam tiga kemenangannya di lapangan keras. Tetapi itu berubah dengan cepat ketika petenis berusia 21 tahun itu mematahkan servisnya untuk yang kedua kali sebelum mengambil set pembuka.

Namun, servis Shapovalov mulai goyah saat Carreno Busta bangkit untuk merebut dua set berikutnya melalui tiebreak. Petenis Kanada itu melakukan 26 ace tetapi juga melakukan 11 kesalahan ganda, yang terjadi di poin-poin penting.

“Saya sangat nyaman di lapangan ini. Saya pikir beberapa bulan terakhir selama karantina sangat, sangat berat bagi semua orang,” kata petenis Spanyol yang mengincar tiket final grand slam pertamanya tersebut.

“Tapi saya bekerja sangat keras dengan pelatih saya. Ketika Anda bekerja keras, biasanya hasilnya (akan) tiba. Mungkin tidak selalu di turnamen pertama atau di turnamen kedua, dan saya sedikit beruntung sekarang berada di semifinal."

Di babak semifinal, Carreno Busta akan menghadapi salah satu unggulan terkuat kejuaraan asal Jerman, Alexander Zverev setelah petenis 23 tahun itu mengkandaskan perlawanan petenis Kroasia, Borna Coric setelah sempat tertinggal di set pembuka dan menutup laga dengan kedudukan 1-6, 7-6, 7-6, 6-3.

Sumber : Akurat

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..