• Jakarta
Formula 1

F1 GP Italia: Penuh Drama, Pierre Gasly Juara di Monza

Balapan Formula 1 GP Italia berjalan penuh drama. Pierre Gasly jadi pemenang dalam balapan yang diwarnai bendera merah akibat kecelakaan Charles Leclerc.

Gasly memulai balapan di sirkuit Monza, dari posisi 10. Ia bahkan belum mampu beranjak dari posisi tersebut hingga 10 putaran berlalu.

Lewis Hamilton mengawali balapan dengan baik, mempertahankan posisi terdepan. Ia sempat diikuti dua pebalap McLaren, Carlos Sainz dan Lando Norris.

Sementara itu Sebastian Vettel jadi yang pertama menepi dari balapan karena kerusakan rem. Masalah itu membuatnya melaju keluar lintasan dan akhirnya kembali ke pit.

Drama dimulai di lap ke-20 ketika Kevin Magnusen menepi di pinggir lintasan, tak jauh dari pintu masuk pit. Safety car pun masuk ke lintasan.

Momen ini lantas dimanfaatkan Hamilton dan Antonio Giovinazzi untuk masuk pit, yang ternyata dianggap melanggar karena pit dalam posisi tutup saat safety car masuk lintasan. Kejadian ini ditelaah sementara balapan dilanjutkan lagi.

Tapi tak lama kemudian, tepatnya di putaran ke 24, safety car kembali masuk lintasan setelah Leclerc mengalami kecelakaan. Ia kehilangan kendali mobilnya dan menabrak dinding pembatas.

Insiden ini membuat bendera merah dikibarkan, tanda balapan dihentikan. Di titik ini pula, Hamilton dan Giovinazzi dinyatakan bersalah karena masuk pit saat statusnya tutup. Keduanya dihukum penalti stop and go selama 10 detik.

Maka meski dalam posisi memimpin saat balapan dihentikan, Hamilton pun langsung melorot posisinya selepas restart. Gasly mengambil alih posisi terdepan di putaran ke-29, disusul Kimi Raikkonen.

Max Verstappen menyusul Vettel, Magnussen, dan Leclerc keluar dari balapan di putaran ke-31. Sementara itu, Carlos Sainz merebut posisi dua dari Raikkonen tiga putaran berikutnya.

Raikkonen kesulitan mempertahankan posisi dan terus merosot. Lance Stroll dan Lando Norris berhasil melewatinya.

Tak ada perubahan di posisi-posisi terdepan hingga balapan tuntas. Gasly finis pertama, disusul Sainz dan Stroll yang melengkapi podium.

Ini merupakan kemenangan perdana Gasly di Formula 1. Sementara itu, Hamilton berhasil memperbaiki posisinya hingga akhirnya finis di urutan tujuh.

Hasil Formula 1 GP Italia

Sumber : Detik

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..