• Jakarta
Basket

Anti-Rasis, NBA Persilakan 29 Pesan Sosial Ditampilkan di Jersey Pemain

NBA dan asosiasi pebasket profesional (NBPA) dikabarkan telah menyetujui pesan sosial yang akan ditampilkan di jersey para pemain.

NBA sudah memutuskan untuk melanjutkan kompetisi pada 30 Juli mendatang di Disney World Orlando. Sebelumnya, kelanjutan kompetisi mengundang banyak pertanyaan karena ada sebagian pemain menyatakan penolakan.

Beberapa pemain yang ragu untuk ikut kompetisi beralasan karena melanjutkan NBA akan menghilangkan fokus mereka untuk memperjuangkan keadilan sosial di Amerika Serikat berkaitan dengan isu rasisme.



Kali ini, para pemain diberi izin untuk menyematkan pesan sosial di atas nomor punggung mereka untuk empat hari pertama dalam kelanjutan NBA 2019-2020.

Setelah itu, para pemain tetap diperbolehkan menampilkan pesan sosial. Namun, pemain yang tidak ingin melakukan juga diperbolehkan.

Dilansir situs NBA, 29 pesan sosial yang diizinkan antara lain Black Lives Matter; Say Their Names; Vote; I Can’t Breathe; Justice; Peace; Equality; Freedom; Enough; Power to the People; Justice Now; Say Her Name; Sí Se Puede (Yes We Can).

Ada lagi Liberation; See Us; Hear Us; Respect Us; Love Us; Listen; Listen to Us; Stand Up; Ally; Anti-Racist; I Am A Man; Speak Up; How Many More; Group Economics; Education Reform; dan Mentor.

"Liga dan pemain diposisikan secara unik untuk memiliki dampak dalam memerangi rasisme sistemik di negara kami. NBA berkomitmen untuk tindakan kolektif demi membangun masyarakat yang lebih adil," ucap Komisaris NBA, Adam Silver.

Sementara itu, komitmen untuk mendukung keadilan sosial ini tidak hanya dilakukan oleh NBA saja. NFL atau Liga American Football telah menyumbangkan dana untuk gerakan sosial di Amerika Serikat.

Sumber : Indosport

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..