• Jakarta
Basket

Apa Kabar Charles Barkley? 'Pencuri' MVP NBA Michael Jordan

Charles Wade Barkley merupakan pemain yang pernah menggalahkan Michael Jordan dalam perebutan MVP NBA di tahun 1993. Bagaimana kabarnya kini?

Di masa sekolah, Charles Barkley sempat diremehkan karena tubuhnya yang inilai gemuk. Ia pun berjuang untuk menggendalikan berat badannya.

Kendati disorot karena kelebihan berat badan, Barkley sendiri sukses memukau dengan keahlian rebound yang hebat. Bahkan ia mendapatkan julukan 'The Round Mound of Rebound'.

Charles Barkley masuk ke NBA pada Draft 1984 satu angkatan dengan Michael Jordan. Barkley akhirnya menjadi pilihan kelima oleh Philadelphia 76ers.

Bersama 76ers, Barkley lalu digembleng oleh Moses Malone. Alhasil, Bakrley mampu mengatur berat badannya. Penampilan Barkley pun semakin meningkat bersama 76ers.

Bahkan ia memegang kendali sebagai pemimpin tim usai Moses Malone ditrade ke Washington Bullets. Ketika berseragam 76ers, Barkley sempat meraih NBA rebounding leader pada 1987.

Setelah delapan tahun bersama 76ers, Barkley akhirnya pindah ke Phoenix Suns. Ketika di Suns, performa Barkley masih sangat konsisten.

Apalagi, ia pernah berhasil meraih MVP mengalahkan Michael Jordan pada tahun 1993. Di awal 1990-an Michael Jordan memang menjadi bintang ternama di NBA, ia meraih MVP pada 1991 dan 1992.

Nah, sosok Charles Barkley berhasil mencuri MVP NBA Jordan di tahun 1993. Berkat performa apiknya itu, Suns juga melaju ke babak final. Sayang, Jordan ternyata masih terlalu tangguh dan membuat Barkley serta Suns gagal juara.

Pada 1996, Barkley kemudian dikirim ke Houston Rockets dan sempat bermain dengan Scottie Pippen dan Hakeem Olajuwon. Meski bermain dengan pemain top lain, Barkley tetap tak bisa mendapatkan cincin NBA.

Akan tetapi, torehan prestasi individu Barkley tak perlu dipertanyakan. Ia sudah bermain dalam 11 kali NBA All-Star dan sekali meraih gelar MVp di All-Star Game pada 1991.

Jersey 34 milik Barkley juga dipensiunkan oleh Philadelphia 76ers dan Phoenix Suns. Barkley juga merupakan pemain yang tergabung dalam Dream Team Amerika Serikat.

Barkley kemudian memutuskan pensiun pada tahun 2000. Usai pensiun, Barkley bekerja dengan TNT bersama eks legenda basket seperti Shaquille O'Neal sebagai analis NBA. Barkley sempat ingin mencalonkan diri sebagai gubernur Alabama pada 2014. Akan tetapi, ia kemudian berubah pikiran.

Selama berkarier di NBA, Barkley juga memiliki catatan statistik mentereng, yakni sebagai pemain keempat NBA yang sukses membukukan 20.000 poin, 10.000 rebound, dan 4.000 aassits.

Sumber : Indosport

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..