• Jakarta
Formula 1

GP Austria Dinilai Jadi Pilihan Logis untuk Mulai Musim Balapan

Direktur Pelaksana Formula 1 (F1), Ross Brawn, menilai memulai musim balapan di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, menjadi pilihan yang logis. Jadwal F1 2020 amat terganggu dengan semakin meluasnya virus corona.

Panitia penyelenggara berharap dapat memulai balapan setelah sebelumnya balapan perdana yang dijadwalkan akan dibuka di Sirkuit Melbourne Grand Prix, Albert Park, Melbourne, Australia, pada Maret lalu, ditunda.

Sementara itu, Grand Prix Austria diperkirakan bakal berlangsung dalam dua race, pertama pada 5 Juli dan yang kedua pada 12 Juli. Lokasi yang terpencil membuat pihak F1 yakin balapan bisa dimulai di sirkuit tersebut.

"Salah satu tantangan logistik adalah mendapati semua orang diuji dan dinyatakan aman untuk memasuki lingkungan balap," kata Brawn kepada podcast F1 Nation, seperti dikutip dari AFP.

"Begitu kita melakukan itu, sangat menantang untuk menjaga semua orang di lingkungan itu, dalam biosfer yang ingin kita ciptakan, untuk memastikan keselamatan orang lain,” tambahnya.

“Itu juga cukup menantang untuk menemukan balapan yang tepat di awal di mana kita dapat mengendalikan lingkungan dengan cukup baik untuk memastikan keselamatan semua orang.

“Austria sangat cocok untuk itu. Ia memiliki bandara lokal tepat di sebelah sirkuit, tempat orang dapat menyewa pesawat. Itu tidak terlalu dekat dengan ibu kota.”

Lebih lanjut, Brown mengatakan bahwa Red Bull Ring memiliki infrastruktur yang baik di sekitarnya. Untuk itu, ia optimistis musim akan dimulai di sirkuit tersebut.

“Kami dapat menampung semua orang di lingkungan itu dan begitu kami berada di sana, itu akan menarik untuk mengadakan balapan lain pada minggu berikutnya."

Awal pekan ini, CEO Formula One (F1), Chase Carey, menargetkan musim balapan dimulai di Austria setelah Grand Prix Prancis, yang dijadwalkan pada 28 Juni, dibatalkan. Itu menjadi balapan kesepuluh yang terdampak virus corona.

Balapan di GP Austria kabarnya telah diberi lampu hijau oleh menteri kesehatan negara itu agar dapat berlangsung sesuai jadwal, dengan syarat balapan digelar tanpa penonton.

"Sayangnya itu akan tanpa penonton, tapi kami merasa kami bisa menyajikan balapan kepada semua penonton dan pemirsa di TV dan cara lainnya," ujar Brawn.

"Sangat penting bagi kami untuk mencoba dan membuat musim berjalan, banyak alasan yang membuat musim bisa dimulai. Salah satunya adalah menghibur para fan, yang merasa frustrasi dengan penundaan."

"Kami memiliki musim yang sangat menyenangkan di depan kami, tetapi ini adalah mata pencaharian yang sangat penting bagi ribuan orang - dan itulah alasan lain untuk segera memulai musim ini."

Sumber : Akurat

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..