• Jakarta
Basket

Apa Kabar Jasok Kidd? Si Tuan Triple-Double

Jason Frederick Kidd merupakan legenda NBA yang dinilai sangat piawai dalam urusan umpan dan rebound. Bagaimana kabarnya kini?

Jason Kidd mengawali karier di NBA saat mengikuti Draft 1994. Sudah mencolok sejak masa sekolah menengah, Kidd akhirnya menjadi pilihan ke-2 oleh Dallas Mavericks.

Pada tahun pertamanya di Dallas Mavericks, Kidd berbagi penghargaan Rookie of The Year dengan pemain Detroit Pistons, Grant Hill. Selain itu, ia juga memimpin dalam urusan Triple-Double.



Nah, hebat dalam urusan umpan dan rebound membuat Kidd menjadi pemain yang mudah untuk mencetak triple-double. Bahkan Kidd juga dijuluki sebagai 'Mr. Triple-Double'.

Selema berkarier di NBA, Kidd telah bermain bersama empat tim, yakni Mavericks, Suns, Nets, dan Knicks. Akan tetapi, jika bicara prestasi individu, Kidd menonjol ketiika ia bermain bersama Nets.

Nyatanya ketika berseragam Nets, Kidd sangat menonjol dan menjadi ancaman nyatanya dalam urusan menyerang. Buktinya ia sudah tiga kali memimpin dalam urusan assist di NBA ketika bermain untuk Nets. Dua sisanya diraih ketika Kidd bermain di Suns.

Meski demikian, Dallas Mavericks juga sangat berjasa dalam karier Kidd. Selain menjadi tim pertamanya di NBA, bersama Mavericks Kidd meraih cincin juara yang pertama dan satu-satunya dalam kariernya.

Jason Kidd meraih juara NBA bersama Dallas Mavericks ketika mereka mengalahkan Miami Heat di NBA Finals 

Nah, selama berkarier di NBA catatan statistik Kidd sangat impresif. Ia ada di nomor dua dalam urusan assits dan steal sepanjang masa di NBA di bawah John Stockton. Rekor triple-double Kidd mencapai 107 kali dan ada di daftar keempat sepanjang masa.

Sementara itu, usai Kidd memutuskan pensiun ia langsung diangkat menjadi pelatih mantan timnya Brooklyn Nets pada 2013/14. Setahun berselang, ia memegang Milwaukee Bucks dan dipecat pada 2018.

Jason Kidd kini memperdalam ilmunya dalam kepelatihan. Ia menjadi asisten pelatih Frank Vogel di LA Lakers yang musim ini tampil dominan. Kabar terbaru, Kidd masuk dalam bursa pelatih Nets yang sudah memecat Kenny Atkinson.

Selama berkarier di NBA dari 1994 hingga pensiun pada 2013, Jason Kidd total sudah mencatatkan 17.529 poin, 8.725 rebound, dan 12.091 assists.

Sumber : Indosport

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..