• Jakarta
Basket

Apa Kabar Kareem Abdul-Jabbar? Pencetak Poin Terbanyak dalam Sejarah NBA

Kareem Abdul-Jabbar masih menjadi pencetak poin tertinggi di NBA. Bagaimana kabar Kareem Abdul-Jabbar saat ini?

Jika berbicara soal olahraga basket, tentu tak bisa melewatkan untuk membahas NBA. NBA sendiri merupakan kompetisi basket paling bergengsi di dunia, yang kepopulerannya bahkan mengalahkan FIBA World Cup.

Ketika berbicara soal NBA, mau tak mau membahas salah seorang legenda NBA yang baru-baru ini meninggal dunia, Kobe Bryant.

Kenangan yang ditorehkan oleh Kobe Bryant di NBA begitu manis dan membekas sehingga banyak sekali yang kehilangan sosok Kobe ketika ia meninggalkan dunia ini.

Tapi di sisi lain, ada seorang lagi legenda NBA yang kepopulerannya tak kalah dari Kobe Bryant, dia adalah Kareem Abdul-Jabbar.

Bagi para pencinta basket, tentunya nama Kareem Abdul-Jabbar selalu diingat, apalagi ia adalah pencetak poin terbanyak sepanjang sejarah NBA. Lalu, apa kabar Kareem Abdul-Jabbar saat ini?

Legenda NBA

Kehebatan Kareem Abdul-Jabbar di olahraga basket sudah mulai terlihat sejak masa high school atau SMA di Power Memorial, Manhtattan, New York.

Kemudian saat kuliah di University of California Los Angeles atau UCLA, Kareem Abdul-Jabbar semakin mencuri perhatian dan dijuluki 'Megabintang Baru'.

Karier yang mentereng di level universitas semakin memuluskan langkah Kareem Abdul-Jabbar untuk melangkah ke kompetisi NBA.

Dalam NBA Draft 1969, Kareem Abdul-Jabbar dipilih oleh Milwaukee Bucks dan ia bertahan bersama Bucks selama 6 musim lamanya.

Bersama Bucks, Kareem Abdul-Jabbar memenangkan gelar NBA pada tahun 1971, serta dianggap sebagai legenda klub dan nomor 33 miliknya dipensiunkan.

Usai membela Milwaukee Bucks, Kareem Abdul-Jabbar kemudian pindah ke Los Angeles Lakers. Bersama LA Lakers, Kareem Abdul-Jabbar lebih sukses lagi.

Kareen memenangkan 5 gelar NBA bersama LA Lakers dan perolehan poinnya semakin tinggi. Hingga ujung kariernya di NBA, Kareem Abdul-Jabbar mengoleksi 38.387 poin.

Torehan poin tertinggi sepanjang masa di NBA dan bertahan hingga saat ini. Pemain yang masih aktif dan masih mungkin mengejar poin Kareem adalah LeBron James.

LeBron James saat ini mengoleksi 33.728 poin dan menempati peringkat ketiga, posisi yang tadinya ditempati oleh Kobe Bryant.

Selain karena rekor tersebut, Kareem Abdul-Jabbar juga terkenal karena teknik tembakannya yaitu Sky Hook.

Pengharggan dari Obama

Jasanya di bidang basket, membuatnya diapresiasi oleh pemerintah Amerika Serikat. Pada tahun 2012, Kareem Abdul-Jabbar diangkat oleh Menteri Luar Negeri Hillary Clinton sebagai Duta Amerika Serikat untuk budaya global.

Kemudian pada tahun 2016, Presiden Barack Obama memberikan penghargaan Presidential Medal of Freedom. Penghargaan tersebut diberikan kepada warga sipil Amerika Serikat yang memberikan sumbangsih dalam bidang perdamaian dunia, budaya, atau bidang lainnya.

Kabar Saat Ini

Setelah pensiun sebagai atlet basket, Kareem Abdul-Jabbar pernah menjadi asisten pelatih untuk LA Lakers. Kareem Abdul-Jabbar juga kemudian menjadi seorang penulis buku.

Di instagram pribadinya, Kareem berulang kali mengunggah kesibukannya sebagai seorang penulis buku, yaitu menghadiri acara bedah buku dan menandatangani bukunya untuk penggemar.

Kareem juga beberapa kali sempat menjadi komentator untuk pertandingan NBA.

Sumber : Indosport

Bagikan Artikel ini!

Prayuda Anugeraha

Pengamat berita olahraga lokal maupun internasional. Sangat tertarik dengan Liga Inggris..